Twitter

Author Unknown - -
Home » »


TERJEMAH KITAB TAUHID
HIDAYATUL UMMAH
Manusia di ciptakan oleh Allah swt untuk menjalankan misi. Misi apa yang di berikan Allah kepada manusia, yaitu misi untuk mencari tuhanya. Setiap manusia di wajibkan untuk mengetahui siapa tuhanya , siapa penciptanya. Setelah manusia mengetahui penciptanya hendaknya manusia di perintahkan untuk menyembahnya dan tidak boleh menyekutukanya dengan suatu apapun.Allah swt sebenarnya  sudah mengambil kesaksian kita sebeum kita di ciptakan sesuai dengan firman Allah di dalam Al qur'an surat Al a'raf ayat 172 "
           ؤاذاخذربك من بنى اذم من طهؤرهم ذريتهم ؤاشهدهم على انفسهم الست بربكم قالؤ بلى شهدنا ان تقلؤا ىؤم القيمه انا كنا عن هذاغفلين
 "Dan (ingatlah) ketika tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang)anak cucu adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap roh mereka (seraya berfirman)"Bukankah aku ini tuhan mu? Mereka menjawab "Betul (engkau tuhan kami),kami bersaksi"(kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan,"sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini" (surat Al A'raf ayat 172).
                     Dari firman Allah di atas bahwa pada hakikatnya semua manusia baik itu Nabi atau kita sebagai manusia biasa sudah pernah bertemu dan di ambil kesaksian oleh Allah jauh sebelum roh kita di masukkan kepada jasad kita pada waktu dalam kandungan.Allah mengambil kesaksian seperti itu adalah unntuk mengingatan manusia atas tuhaannya sehingga tidak ada lagi manusia yang mengatakan lalai dan tidak mengetahui tuhanya kelak pada hari kiamat nanti. Oleh sebab itu di turunkan para utusan (nabi) untuk mengingatkan kembali kepada manusia agar manusia agar manusia mengingat lagi sipa tuhanya dan mau menyembahnya.dari keterangan di atas bisa kita tarik kesimpulan bahwa mengetahui atas tuhannya (Allah) adalah hal yang pertama bagi seorang muslim sebelum hal-hal yang lainya. Karena dengan kita mengetahui Allah dengan sebenar-benarnya dan seyakin-yakinya (Haqqul yakin) maka mudah-mudahan Allah akan menerima semua Amal ibadah kita semua.
                     Setiap orang Mukallaf di wajibkan mengetahui sifat wajibnya Allah yang banyaknya ada 20 dan sifat Muhalnya ada 20 dan sifat Wenangnya 1 di uraikan menjadi 10 jadi semuanya jumlahnya 50 itu semua di namakan Mu'taqod 50 (keyakinan) Maksutnya Petegotan 50.
keterangan :   
1. Mukallaf adalah Orang yang baru beranjak dewasa (Baliq)
2.Sifat Wajibnya Allah adalah sifat yang harus ada pada Allah
3. Muhal adalah sifat yang tidak ada pada Allah
4. Wenang adalah Hak prerogratif Allah.(kekuasaan Allah)
5. Mu'taod 50 adalah Kita harus menyakini sifat-sifat Allah mulai sifat WAJIB,MUHAL dan WENANG       
                       Sifat wajib Allah 20 di bagi 4
1.Sifat Nafsiyah
2.Sifat Salbiyah
3.Sifat Ma'ani
4.Sifat Ma'nawiyah
keterangan :
1.Nafsiyah adalah: Sifat yang tergolong diri sendiri bagi mahkluk. Nafsiyah bagi Allah itu artinya sendiri, yaitu sifat Wujud. (Ada yang sebenarnya).
2.Salbiyah adalah : Sifat yang untuk menyangkal atau menolak perkara yang tidak cocok bagi Allah, yaitu ada 5 Sifat 1.sifat Qidam 2. Sifat Baqo' 3.Mukholafatul lilhawadisi 4.Sifat Qiyamuhu Binafsihi. 5. Sifat Wahdaniyah.
3. Sifat Ma'ani adalah : Sifat yang sudah ada pada Allah sebelum Allah menciptakan Langit dan Bumi dan seisinya,maka Allah sudah mempunyai sifat Ma'ani maksudnya Allah sudah KUASA, sudah BERKEHENDAK, dan seterusnya sampai sifat 20. Sifat Ma'ani ada 7 ialah : 1.Qudrot 2.Irodat 3. Ilmu 4. Hayat 5. Sama' 6. Bashor 7. Kalam.
4. Sifat Ma'nawiyah adalah : Allah setelah menjadikan langit bumi seisinya tetap atau sudah mempunyai sifat Ma;nawiyah Maksudnya : yang berkuasa ,yang berkehendak  dan seterusnya sampai 20. Sifat Ma'nawiyah ada 7 ialah : 1. Qodiron 2.Muridan 3. Aliman 4.Haiyyan 5. Sami'an 6.Bashiron 7.Mutakalliman.
                   Setelah mengetahui Petegotan 50 (Keyakinan 50) yang di dalamnya terdapat sifat-sifat Allah maka marilah kita mengkaji sifat-sifat 20 satu persatu.
Yang pertama adalah                                
1. صفة وجوذ (sifat wujud) adalah : Maksudnya Allah itu pasti Ada
  محال عدام (Muhal Adam)            : Maksudnya Mustahil bila Allah itu tidak ada
  Dalilnya (Surat As ٍٍSajdah ayat 4)
  الله الذى خلق السموات والارض وما بينهما yang artinya:" Allah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di         antaranya,....."
            Keberadaan Allah bisa kita buktikan dari firman Allah diatas juga dapat kita saksikan sesuatu yang di ciptakan oleh Allah yaitu adanya langit dan bumi juga yang di antaranya. tidak lah mungkin ada suatu benda tanpa ada yang menciptakanya, ada benda sudah pasti ada pencipta benda yaitu (Allah)
2.صفة قدم (sifat Qidam) adalah : maksudnya Allah itu pasti Dahulu. Dahulunya tanpa ada yang mendahului .Akhirnya tidak ada yang mengakhiri (yang maha pertama dan yang maha terakhir).
 محال حدث (Muhal Hudus) : Maksudnya mustahil kalau Allah itu sampai BARU (mendahuluinya)
sesuwai dengan firman Allah (surat Al Hadiyat ayat 3)
هوالآول والآخر artinya "Allah itu yang pertama dan yang terakhir".  Setelah tadi kita udah tau apa itu wujud maka pada sifat Allah yang kedua ini adalah sifat yang menyifati sifat Wujud(Ada).  jadi wujud(ada)nya Allah atau keberadaan Allah itu yang pertama dan tidak ada sesuat yang pertama selain Allah juga keberadaan Allah tidak bisa di hitung dengan Waktu ,jika ada sesuatu yang mempunyai kapan waktu terjadinya maka dia bukan Allah jadi bila ada sesuatu yang adanya sesudah Allah maka itu bukan (Allah). dan Allah tidak ada batas waktunya sampai kapan dia ada,tidak seperti manusia yang ada batas umurnya.dia yang pertama dan dia yang terakhir.
3. صفة بقاء (sifat Baqo') Maksudyan adalah : Allah itu Tetap/kekal ,Tetapnya bukan dari bergerak,juga bukan dari Diam,sebab bergerak dan diam itu pekerjaan barang baru.
محال فناء (muhal fana') Maksudnya adalah : mustahil kalau Allah itu sampai bisa Rusak/Sirna.
Setelah sifat Wujudnya Allah itu di sifati dg sifat Qidam maka juga harus disifati dengan sifat Baqo' (kekal/tetap) jadi Allah itu kekal/tetap. Apa tetap/kekal.
4. صفة مخالفة للحوادث (sifat Mukholafatu lilhawadisi) Maksudnya adalah : Allah itu pasti berbeda dari semua barang/atau sesuatu yang baru,bedanya bukan JIRIM,JISIM,JAUHAR,AROD,JUZ,dan bukan KUL.
Apa itu Jirim,Jisim,Jauhar,Arod,Juz,dan Kul.
          1. Jirim adalah : Allah tidak bertubuh Halus seperti hal nya jin.
          2. Jisim adalah : Allah tidak bertubuh kasar seperti halnya Manusia dan Hewan.
          3. jauhar adalah : Allah tidak berkila / bersinar seperti halnya matahari dan bintang.
          4. Arod adalah : Allah tidak mempunyai Rupa seperti hanya Manusia yang punya Rupa.
        5. Juz adalah : Allah tidak terdiri sab-sab, jadi tidak seperti manusia ada kulit ada daging      ada tulang dll.        
         6. Kul adalah : Allah tidak terdiri dari bagian -bagian, seperti halnya manusia yang mempunyai tangan , kaki, kepala dll.
محال ممثالة للحوادث (Muhal Mumasalatu Lilhawadisi) Maksudnya adalah : Mustahil kalai Allah sampai sama dengan perkara/barang/sesuatu yang baru. dan sesuwai dengan firman Allah (surat Asy-syura' ayat 11)
                                لىس كمثله شىء (tidak ada sesuatupun yang serupa dengan dia) Allah.

5.صفة قيا مه بنفسه (sifat Kiamuhu Binafsihi) Adalah : Allah berdiri pada Zatnya sendiri.
محال أحتياج لغيره   adalah : Mustahil bila Allah sampai Butuh pada tempat lain.
Dalilnya adalah : ان الله لغني عن العالمين (QS.Al-Ankabut Ayat:6) artinya "Allah maha kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh Alam."

6. صفة وحدنية (sifat Wahdaniyah) adalah : Allah itu pasti satu yang Haqiqi .satu Dzatnya.Satu Sifatnya.Satu Pekerjaanya.
- Satu Dzatnya kam  Muttasil Bukan , Kam Munfasil Bukan
- Satu Sifatnya Kam Muttasil Bukan , Kam Munfasil Bukan
- Satu Pekerjaanya Kam Muttasil Wajib, Kam Munfasil Bukan
a).Satu Dzatnya Kam Munttasil Bukan : Maksudnya Dzatnya Alllah itu pasti tidak mengunakan bilangan yang bertemu, seperti : Bulu, Kulit, Otot, Daging, Gajih, Tulang , Sumsum itu semua Bukan.
Kam Munfasil Bukan : Maksudnya Dzatnya Allah tidak menggunakan bilangan yang pisah -pisah, Seperti : Jari tanggan, dan jari kaki itu juga Bukan.
b).Satu Sifatnya Kam Muttasil Bukan : Maksudnya sifatnya Allah itu pasti tidak menggunakan bilangan yang bertemu,Seperti : Merah, Hijau, Kuning , Putih , Hitam , Biru dan seterusnya itu semua Bukan.
Kam Munfasil Bukan : Maksudnya Sifat Allah tidak menggunakan bilangan yang pisah-pisah , seperti : Tangan dan kaki , itu semuanya Bukan.
c), Satu Pekerjaanya Kam Muttasil Wajib : Maksudnya Pasti pekerjaan Allah itu pasti bertemu dengan ciptaanya.
Kam Munfasil Bukan : Maksudnya tidak masuk akal bila Allah sampai pisah dengan ciptaanya.
محال تعدد (Muhal Ta'addud) : Maksudnya Mustahil bila Allah sampai berbilangan.
dalilnya adalah : (قل هو الله أحد (ألاءخلاص artinya "Katakanlah (Muhammad) ,"Dialah Allah yang maha esa"

7. صفة قدرة (sifat Qudrot) adalah : Maksudnya Allah itu pasti kuasa
محال عجز (Muhal Ajzun) adalah : Mustahil bila Allah sampai lemah
Dalilnya Adalah : ان الله على كل شيءقدىر (QS.Al-Baqoroh Ayat : 20) artinya : " Sungguh Allah maha kuasa atas segala sesuatu.

8. صفة أرادة (sifat irodat) adaah : Maksudnya Allah itu pasti berkehendak .
محال كراهة  (Muhal Karoha) adalah : maksudnya mustahil kalau Allah itu sampai terpaksa.
dalilnya adalah :فعال لما يريد (QS.Al Buruj Ayat : 16) Artinya :" Maha kuasa berbuat apa yang Dia kehendaki."

9. صفة علم (sifat Ilmu) adalah : maksudnya Allah itu pasti Mengetahui,
محل جهل (Muhal Jahlun) adalah : Maksudnya Mustahil bila Allah sampai Bodoh.
 Dalilnya Adalah :ان الله عليم بذات الصدور (QS. Ali-Imron Ayat : 119).artinya :"Sungguh Allah maha mengetahui isi hati"

10.صفة حياة (sifat Hayat) adalah : Maksudnya Allah itu pasti Hidup, hidupnya Allah tidak dengan nyawa,tidak dengan Sukma.
محل موت (Muhal Mautun) adalah : Maksudnya Mustahil bila Allah itu sampai bisa Mati.
Dalilnya adalah  : وتو كل عل الحي الذي لايموت (QS.Al Furqon Ayat:58) artinya :" Pasrahlah (Muhammad) kepada Dzat yang Hidup yang tidak Mati"

11. صفة سمع (sifat sama') adalah : Maksudnya Allah itu pasti Mendengar, Mendengarnya tidak pakai telinga.
محال صمم (Muhal Sumamu) adalah : maksudnya Mustahil Allah itu sampai Tuli.
Dalilnya adalah : والله سميع عليم (QS. Al Imron Ayat-34) artinya : "Allah itu Dzat yang Maha Mendengar"

12. صفة بصر (sifat Bashor) adalah : maksudnya Allah itu pasti Melihat, Melihatnya tidak menggunakan Mata.
محال أعمى (Muhal A'ma) adalah : maksudnya mustahil bila Allah itu sampai Buta.
Dalilnya adalah : والله بصير بما تعملون (QS. Al-Hujurat Ayat : 18) yang Artinya :" Dan Allah itu maha Melihat apa yang kamu kerjakan."

13. صفة كلام (sifat kalam) adalah :maksudnya Allah itu pasti Berfirman .Berfirmanya tidak menggunakan suara dan tidak menggunakan lafal dan huruf .
محال بكم (Muhal Bukmun) adalah : maksudnya Mustahil bila Allah itu sampai bisu.
Dalilnya adalah : وكلم الله موس تكلما (QS. Annisa' Ayat :164) artinya : " Dan Kepada Musa, Allah berfirman secara Langsung."

14. صفة كونه قادرا  (Sifat Kounuhu Qodiron) adalah : Maksudnya Allah itu adalah Dzat yang Kuasa.
محال كونه عاجزا (muhak Kounuhu Azijan) adalah : maksudnya mustahil adanya Allah itu dzat yang lemah , Dalilnya sama dengan sifat Qudrot.

15. صفة كونه مريدا (kaunuhu Muridan ) adalah : maksudnya adanya Allah itu Dzat yang berkehendak .
محال كونه كارها (muhal kaunuhu Karihan) adalah : Maksudnya Mustahil adanya Allah adalah dzat yang terpaksa. dalilnya sama dengan sifat Irodat.

16. صفة كونه عالما (sifat kaunuhu Aliman) adalah : maksudnya Adanya Allah itu adalah Dzat yang Maha Mengetahui.
محال كونه جاهلا (muhal Kaunuhu Jahilan) adalah : Maksudnya mustahil adanya Allah itu dzat yang bodoh.Dalilnya sama dengan sifat Ilmu.

17.صفة كونه حيا (sifat Kaunuhu Hanyyan) adalah : maksudnya adanya Allah itu Dzat yang hidup , hidupnya tanpa nyawa tanpa sukma.
محال كونه  ميتا (muhala kaunuhu Mayyitan) adalah : maksudnya mustahil Adanya Allah itu Dzat yang mati. Dalilnya sama dengan sifat Hayyat.

 18. صفة كونه سامعا (sifat kaunuhu Samian) adalah : Maksudnya Adanya Allah itu dzat yang maha mendengar, mendengarnya tidak dengan telinga.
محال كونه أصم (muhal kaunuhu Ashoma) adalah : Maksudnya Mustahil adanya Allah dzat yang tuli,
Dalilnya sama dengan sifat Sama'.

19.صفة كونه بصيرا (sifat kaunuhu Bashiron) adalah :Maksudnya adanya Allah itu dzat yang Melihat. Melihatnya tidak dengan Mata.
محال كونه أعمى (Muhal A'ma) adalah :Maksudnya Mustahil Adanya Allah itu Dzat yang Buta, Dalilnya sama dengan dalil sifat Bashor.

20. صفة كونه متكلما (sifat kaunuhu Mutakalliman) adalah : Maksudnya adanya Allah adalah Dzat yang berbicara,Bicaranya tidak menggunakan Suara dan kata.
محال كونه أبكم ( Muhal kaunuhu Abkama) adalah :Maksudnya Mustahil Allah itu Dzat yang Bisu. Dalilnya sama dengan dalilnya sifat Kalam.

SIFAT WENANGE ALLAH 1(satu) DI BAGI JADI 10 BESERTA MUHALNYA
Allah menjadikan langit bumi dan seisinya, itu sesuwai dengan kehendaknya ,Mustahil jika wajib.
Allah menjadikan langit bumi seisinya tidak di ambil manfaatnya, Mustahil bila di ambil manfaatnya.
Allah menjadikan langit bumi dan seisinya, langit bumi dan seisinyatidak mempunyai kekuatan,Mustahil jika mempunyai kekuatan.
Allah menjadikan langit bumi dan  se isinya, langit bumi se isinya tidak mempunyai sifat naluri. Mustahil bila punya Naluri.
Allah menjadikan langit bumi dan seisinya, langit bumi dan se isinya Baru, Mustahil bila Qidam.

MU'TAQOD 50 DIBAGI 2: ( ISTIGHNA' DAN IFTIQOR )

1. ISTIGHNA' AN KULLI MA SIWAHU : Maksudnya Allah itu kaya tidak butuh pada perkara lainya. Terdiri dari 28 sifat, meliputi Wajib, Muhal, dan Wenang. yaitu : Sifat Wujud, Qidam,, Baqo', Mukholafatu lilhawadisi, Quyamuhu Binafsihi, Sama', Basor, Kalam, Sami' an, Bashiron, Mutakaliman. 11,22 dengan Muhalnya di tambah sifat Wenang 3. 6 dengan muhalnya,
yaitu   :
Allah menjadikan langit bumi dan seisinya wenang, mustahil bila Wajib.
Allah menjadikan langit bumi seisinya,langit bumi seisinya tidak di ambil faidah         (Manfaat), mustahil bila di ambil manfaat.
Allah menjadi kan langit bumi dan seisinya, langit bumi dan seisinya tidak mempunyai daya kekuatan.
2. IFTIQOR KULLI  MA'ADA HU ILAIHI : Maksudnya adapun sesuatu selain Allah itu pasti membutuhkan kepada Allah. Terdiri dari 22 Sifat, ada Wajib, Muhal, Wenang. Berupa sifat : Qudrot, Irodat, ILmu , Hayat, Qodiron, Muridan , Aliman, Hayyan, Wahdaniyah. 9-10 beserta muhalnya , di tambah dengan sifat wenang 2, dan 4 beserta Muhalnya berupa :
Allah menjadikan langit bumi dan seisinya, langit bumi dan seisinya tidak mempunyai sifat naluri/Insting.
Allah menjadikan langit bumi dan seisinya, langit bumi seisinya itu baru, mustahil jika Qidam. 18 dan 4 jumlahnya 22, itu rekanan sifat Iftiqor

I. Sifat ISTIGHNA' rekanya ada 28 di bagi 2 :
a. Sifat Kamal
b. Sifat Jamal

a. Sifat Kamal Maksudnya : Sempurna, rekananya ada 12 : ada Wajibnya ,ada Muhalnya, ada Wenangnya, yaitu ( Sifat Wujud, Qidam,Baqo', Mukholafatu lilhawadisi, Qiyamuhu binafsihi,) 5. 10  dengan Muhalnya di tambah sifat wenang nya satu,dan dua dengan muhalnya Ya'ni : Allah menjadikan langit bumi dan seisinya Wenag, mustahil bila wajib. 10 dan 2 jumlahnya ada12 itu rekanya sifat Kamal.
b. Sifat Jamal Maksudnya : Bagus, rekanya ada 16, ada Wajibnya, ada Muhalnya, ada Wenangnya. yaitu : Sifat Sama', Bashor, Kalam, Samian, Bashiron,Mutakalliman . rekanya 6 dan 12 dengan muhalnya  di tambah sifat wenang 2, 4 dengan muhalnya Ya'ni :

Allah menjadikan langit bumi dan seisinya,langit bumi dan seisinya tidak di ambil manfaat.
Allah menjadikan langit bumi dan seisinya ,langit bumi dan seisinya tidak mempunyai kekuatan. mustahil bila mempunyai kekuatan.

12 dan 4 jumlahnya 16 itu rekanya sifat Jamal

II. Sifat IFTIQOR  rekanya ada 22 di bagi 2 :
 1. Sifat Jalal           ( Luhur)        
 2. Sifat Qohar        ( Memaksa )
Keterangan :
 1. Sifat Jalal : Maksudnya luhur , rekannya ada 10 ada wajibnya ada Muhalnya, ada Wenangnya. yaitu sifat Qudrot, Ilmu, Hayant, jumlahnya ada 4. 8 dengan Muhalnya di tambah sifat Wenang 1. 2 dengan Muhalnya yaitu :
 - Allah menjadikan langit bumi dan seisinya, tidak punya sifat naluri/insting, mustahil jika punya sifat naluri/insting. 8 dan 2 jumlahnya 10 itulah rekannya sifat JALAL.
 2. Sifat Qohar : Maksudnya memaksa, rekannya  ada 12, ada wajibnya ada muhalnya ada wenangnya , yaitu   sifat Qodiron, Muridan,Aliman,Hayan,Wahdaniyah ,   5 . 10 dengan muhalnya  di tambah sifat wenang 1, 2 dengan muhalnya berarti jumlahnya 12, yaitu :
 - QOHAR : dari Mu;taqod 50 rekannya ada 12 ada Wajib, Muhal, Wenang.
 - QOHAR : dari Mu'taqod 40 rekannya ada 10 ada  Wajib, Muhal.
 - QOHAR : dari Mu'taqod 20 rekannya ada 5 ada Wajibnya saja yang keluar dari sifat 2 :
      1. Dari sifat Ma'nawiyah 4 yaitu : Qodiron,Muridan,Aliman,Hayyan.
      2. Dari sifat Salbiyah  1 yaitu : Wahdaniyat.
 Jadi yang sudah di sebutkan di atas, itu di namakan MU'TAQOD 50. harus dimasukkan kedalam kalimat Tauhid, Maksudnya Ucapan Tauhid maksudnya mengesakan Alloh .Bentuk ucapannya
 yaitu :
         - LAA          : mengakui sifat Kamal 12.
        - ILAAHA   : mengakui sifat Jamal   16.
        - ILLA         : mengakui sifat Jalal     10.
        - ALLAHU  : mengakui sifat Qohar  12.
           Jumlahnya  :                                  50
 Jadi barang siapa yang bisa mengucapkan kalimat tauhid serta bisa memasukkan Mu'taqod 50 . maka bisa melebur dosa besar sehari, sebab hurufnya kalimat Tauhid ada 12 dan sehari ada 12 jam, atau bisa melebur dosa kecil setahun, sebab hurufnya kalimat tauhid ada 12 dan setahun ada 12 bulan.
 Begitu tadi bagi orang yang nafasnya panjang harus megucapkan lafatz LAAILAAHA ILLALLAHU, bagi orang yang nafasnya pendek cukup mengucapkan lafat ALLAH. Sebab lafat ALLAH itu lafatz JALALAH Maksudnya suara yang mulya.

HURUF LAFATZ ALLAH itu ada 4 yaitu :Alif-lam-lam-ha' dan bisa mengeluarkan huruf lafatz AKBAR yaitu : Alif-Kaf-Ba'-Ro'.
1. ALIF nya lafat Alloh bisa mengeluarkan Alif nya lafatz AKBAR, Alif nya lafat Akbar bisa mengeluarkan  sifat Kamal  maksudnya Sempurna. Menyempurnakan Lam nya kalimat Tauhid LAA NAFI JINIS menyempurnakan 4 perkara : Tidur , Bangun , Hidup , Mati.
2. LAM Pertamanya lafatz ALLOH bisa mengeluarkan kaf nya lafat AKBAR, kaf nya lafatz Akbar bisa mengeluarkan Sifat Jamal 16  jamal maksudnya Baik, memperbaiki ILLAHA nya kalimat tauhid, ILLAHA nya Manfi  memperbaiki terhadap 4 perkara : Mudah, Tua, Baik, Buruk.
3. LAM ke Dua nya lafatz ALLOH bisa mengeluarkan Ba' nya lafatz AKBAR . Ba' nya lafatz AKBAR bisa mengeluarkan sifat JALAL 10 jalal maksudnya MULYA , memulyakan ILLA nya kalimat Tauhid  , ILLA isbat memulyakan terhadap 4 perkara : Pergi, Datang, Ada, Kosong.
4. HA' nya lafat ALLOH bisa mengeluarkan RO" nya lafatz Akbar. RO' nya lafatz Akbar bisa mengeluarkan sifat Qohar 12. Qohar maksudnya : Memaksa Memaksakan ALLOH nya kalimat Tauhid , ALLOH Musbat Memaksakan terhadap 4 perkara : Kuat , Lemah, Gerak , Diam.

Jadi jika huruf nya lafatz ALLOH itu ada 4 menunjukkan Ilmu itu ada 4 :
1. Ilmu Syariat                            
2. Ilmu Hakikat
3. Ilmu Thoriqot
4. Ilmu Ma'rifat

keterangan
1. Ilmu Syariat  maksudnya Aturan , tempatnya ada di lisan, syaratnya harus niat, ibadah Wudhunya pakai Air , Sholatnya berdiri, Ruku' , Sujud, duduk yang punya anggota 7.
2 Ilmu Thoriqot maksudnya Jalan , (tindak laku) tempatnya di Hati syaratnya harus bertindak, ibadah Wudlu nya harus meninggalkan menghasut .Sholatnya harus Ahli kasih sayang,yang mempunyai hati.
3. Ilmu Hakikat maksudnya Nyata , tempatnya ada di RUH Syaratnya harus meninggalkan "MERASA" ,Ibdah Wudlunya harus meninggalkan Takabur(Sombong) , Sholatnya harus Sabar yang punya Ruh (Nyawa).
4. Ilmu Ma'rifat maksudnya Mengetahui, tempatnya di perasaan (Sirrul Qolbi), Syaratnya harus mengetahui,ibadah Wudlu nya harus Tenang, sholatnya harus sungguh-sungguh, yang punya Perasaan (ROSO).

BAB HUKUM
Hukum itu ada 3 (tiga) yaitu :
1. Hukum ADAT                                        2. Hukum Syara'                                   3. Hukum Akal
keterangan
HUKUM ADAT
ketentuan hukum Adat itu ada 7 : (Perintah, Larangan, Di kaji berulang-ulang, Sentuhan, Bekas tanda, tidak ada penghalang, di terima perbedaanya).
1. Perintah seperti perintahnya negara,
2. larangan seperti larangannya negara.
3. Di Kaji berulang-ulang: setiap jam 12 siang pasti ada suara beduk berbunyi.
4. Sentuhan : setiap ada kayu kering bila di taruh di Api.
5. bekas tanda : pasti terbakar
6. Tidak ada penghalang : itu tadi bila tidak ada penghalang
7. Di Terima perbedaannya : peristiwa di atas di terima perbedaannya.

Ketentuan Hukum Adat 7 di bagi 4 adalah :
- Wujud bertemu Wujud maksudnya : Adanya belajar wujudnya pandai
- Wujud bertemu Adam maksudnya : Adanya belajar tidak adanya Bodoh
- Adam bertemu Wujud maksudnya : Tidak belajar Wujudnya Bodoh
- Adam bertemu Adam maksudnya : Tidak belajar Tidak adanya Pandai

HUKUM SYARA'
Ketentuan hukum Syara' itu ada 7 adalah : (Perintah, Larangan, Sebab, Syarat,Rukun 17, Ketentuan, adam Mani' (tidak ada penghalang) ).
1. Perintah seperti perintahnya syara'.
2. Larangan seperti larangannya Syara'.
3. Sebab, sebabnya orang di perintah Sholat,sebab sudah Akil baliq.
4. Syarat : Syaratnya orang sholat harus suci tubuhnya dan pakaiannya juga tempatnya.
5. Rukun 17 : Oarang yang sholat harus tau Rukunya sholat 17.
6. Ketentuan :Orang sholat harus tau ketentuannya kalau subuh 2 rokaat, Dhuhur 4 rokaat , Asyar 4 rokaat, Magrib 3 rokaat, Isa'k 4 rokaat.
7. Ketentuan Hukum Syara' 7 di bagi 8 adalah : Wajib, Sunnah, Haram, Afshah,batal,Wenang,Makruh.

HUKUM AKAL
Ketentuannya Hukum Akal itu ada 6 :
1. Menetapkan satu kepada satu
2. Meniadakan satu kepada satu
3. Dikaji berulang-ulang
4. Meletakkan Sebab
5. Meletakkan Syarat
6. Penghalang
Keterangan
1. Menetapkan satu kepada satu :Wujud tetap kepada Alloh, Qidam (dahulu) tetap kepada Alloh. Baqo' (Kekal) tetap kepada Allloh. seterusnya sampai 20.
2. Meniadakan satu kepada satu : maksudnya Adam tidak terjadi kepada Alloh, Huduts tidak terjadi kepada Alloh,Fana' tidak terjadi pada Alloh. Seterusnya sampai 20.
3. Di kaji berulang-ulang maksudnya : sifat wajibnya Alloh 20 di pelajari sejak zamannya nabi Adam hingga sekarang masih tetap 20.
4. Meletakkan SEBAB , maksudnya : sebabnya langit bumi dan se isinya wujud sebab di wujudkan oleh Alloh.
5. Meletakkan Syarat maksudnya : yang bisa menciptakan langit dan bumi seisinya harus mempunyai sifat    20. yang menjadikan syaratnya sifat 20, yang di syaratkan langit bumi dan seisinya.
6. Penghalang Mani' dan Mamnu' (Mani' artinya yang mencegah, Mamnu' artinya yang di cegah.).
Alloh mencegah langit bumi dan seisinya untuk mengaku ada dengan sendirinya, sebab langit bumi dan seisinya mengaku ada dengan sendirinya karena ada mungkin wujud mungkin adam.
          Perdebatannya (POLEMIK) mungkin wujud bermaksud mewujudkan ,
          Perdebatan : Mungkin adam bermaksud melenyapkan.
Wujud berkata kepada Adam " Adam sekarang saya sudah tercapai keinginan ku, yaitu menciptakan langit bumi dan seisinya"
Adam menjawab : " Wujud ...! bala kau sudah bisa  tercapai keinginanmu . kamu akan jadi orang apa..?".
Wujud menjawab : " Aku jadi orang menang"
Adam menjawab : "Wujud....! jika kamu jadi orang Menang ,aku juga akan jadi orang Menang karena kamu dan aku adalah sama saja"
 Akhirnya Wujud mengalah :" Adam...! sekarang kamu jadilah orang yang menang,biar saya yang jadi orang yang kalah"
kemudian jawaban Adam :" Wujud....! jika kamu jadi orang kalah  aku akan ikut juga menjadi orang kalah sebab kita sama-sama orang yang lemah"
 Kelihatannya tidak ada perdebatan (polemix). perdebatannya Wujud tidak bisa mewujudkan perdebatannya sedangkan Adam(lenyap) tidak bisa melenyapkan.
Kemudian Alloh berfirman : "Hai langit bumi dan seisinya kamu jangan mengaku wujud(ada) sendiri ,tapi AKU yang mewujudkan"
Kemudian Langit bumi dan seisinya  berkata: "Yaa Alloh jadi engkau yang menciptakan kau, kalau begitu saya ikut terhadap apa yang engkau kehendaki".